Minggu, 16 Maret 2014 - 10:27:42 WIB
Seleksi FT dan FK Hasilkan 10 Fasilitator
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 179096 kali

PALANGKA RAYA – Seleksi aktif calon fasilitator teknik (FT) dan fasilitator pemberdayaan kecamatan (FK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2014, yang dilakukan Satuan Kerja Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (Satker PNPM-MP) Provinsi Kalteng, diketahui hasilnya.

Hasil akhir seleksi aktif yang dilaksanakan Kamis (13/3) di Aula Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Kalimantan Tengah Jalan Brigjen Katamso No.9 Palangka Raya, menyatakan 10 peserta dinyatakan lulus, sementara 1 peserta lainnya tidak lulus

Seleksi aktif FT dan FK tersebut dilaksanakan berdasarkan penetapan perserta seleksi aktif calon FK dan FT pada PNPM-MP Kalteng, sebagai Surat Dirjen PMD cq Direktur Kelembagaan dan Pelatihan Masyarakat, Drs Kun Wildan MBA No.402/23/PNPM-MP/II/2014 tertanggal 7 Maret 2014.

Satker PNPM-MP Ditjen PMD telah menetapkan daftar (shortlist) sebanyak 14 orang terdiri dari 6 orang untuk calon FK dan 8 orang calon FT. Namun berdasarkan jumlah peserta yang hadir mengikuti seleksi tercatat 11 orang, yakni untuk FK sebanyak 5 orang, dan FT sebanyak 6 orang.

Dari hasil akhir kegiatan seleksi yang dibuka Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Kalteng, Ir Yuren S.Bahat MM,MT diwakili Penanggung Jawab Operasional (PJO) PNPM-MP Provinsi Kalteng, Drs Syamsudin Msi dihadiri Korprov PNPM-MP Kalteng, Susilo Kusribowo, satu peserta yang tidak berhasil tersebut adalah peserta calon FK.

Korprov PNPM-MP Kalteng, Susilo Kusribowo melalui Richard Erison, HDR Spesialis PNPM-MP Provinsi Kalteng di Palangka Raya, Jumat (14/3)  mengemukakan, terhadap mereka yang dinyatakan berhasil selanjutnya akan dilanjutkan dengan pelatihan pra tugas.

Dijadwalkan, pelatihan pra tugas tahap I akan dilaksanakan pada tanggal 18-29  Maret 2014, bertempat di Hotel Batu Suli Palangka Raya, bergabung dengan 14 calon FT dan FK yang telah lulus seleksi pada 25 Februari 2014 lalu.

 

Kinerja Program

Kepala BPMPD Provinsi Kalteng dalam sambutan tertulisnya ketika membuka seleksi aktif mengemukakan, PNPM-MP merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang pelaksanaan kegiatannya sampai dengan saat ini sangat membantu dalam hal penanggulangan kemiskinan di Indonesia, peningkatan kinerja pengelolaan pembangunan di perdesaan serta mendorong peran serta masyarakat untuk terlihat aktif partisipasi dalam pembangunan di desa.

Selain itu, kemampuan masyarakat dalam pengelolaan pembangunan didesa semakin meningkat serta mendukung fungsi pelayanan Pemerintah Daerah kepada masyarakat dalam rangka penanggulangan kemiskinan.

Dalam pelaksanaan kegiatan PNPM-MP, diperlukan fasilitator-fasilitator yang handal dan memiliki wawasan luas, serta standar kompetensi yang sesuai dengan kualifikasi yang telah ditetapkan agar pelaksanaan program dapat berjalan sesuai dengan prinsip maupun prosedur program.

Fasilitator yang terlibat dalam proses pemberdayaan masyarakatpun memiliki kewajiban moral untuk memberdayakan masyarakat dalam bidang ekonomi dan sosial, sehingga masyarakat tidak menjadi objek pembangunan, tetapi menjadi masyarakat yang mandiri.

Korprov PNPM-MP Provinsi Kalteng, Susilo Kusribowo mengemukakan pelaksanaan seleksi aktif FT dan FK mengemukakan, untuk pelaksanaan program pada tahun anggaran 2014, masih terdapat kekurangan tenaga fasilitator baik FT maupun FK.

Jumlah kecamatan lokasi program tahun anggaran 2014 sebanyak 130 kecamatan. Dengan kondisi yang ada sekarang, dimana kuota fasilitator kecamatan terisi 119 FK, berarti masih terdapat kekosongan 11 FK.

Kemudian untuk FT kuota yang diperlukan sebanyak 134 FT, dimana pada tahun 2014 terdapat tambahan FT di Kotim yaitu sebanyak 4 FT untuk mendukung program MP3KI, dimana sekarang terisi 106 FT berarti terdapat kekosongan 28 FT. jsi

 

                             Hasil Seleksi Akhir Fasilitator Pemberdayaan (FK)

                                          PNPM-MP Provinsi Kalteng

                                                    13 Maret 2014

No

Nama

Posisi

Hasil Penilaian Akhir

 

Keterangan

Nilai Akhir

Ranking

 1

Endang Siswati

  FK

    67,78

      1

  Lulus

 2

Indro

  FK

    63,53

      2

  Lulus

 3

Sukma Mega Tulus

  FK

    61,63

      3

  Lulus

 4

Sri Rejeki Togatorop

  FK

    60,23

      4

  Lulus

 5

Frans Ebetson

  FK

    29,67

      5

  Tidak Lulus

             

 

                              Hasil Seleksi Akhir Fasilitator Teknik  (FT)

                                          PNPM-MP Provinsi Kalteng

                                                    13 Maret 2014

No

Nama

Posisi

Hasil Penilaian Akhir

 

Keterangan

Nilai Akhir

Ranking

 1

Reynold Patandong Matongan

  FT

    65,60

      1

  Lulus

 2

Trianus Sole

  FT

    65,36

      2

  Lulus

 3

Rida

  FT

    61,25

      3

  Lulus

 4

Silvinae Mar Anggraenie

  FT

    60,90

      4

  Lulus

 5

Teddi Runaldi

  FT

    60,25

      5

  Lulus

 6

Poniman

  FT

    60,11

      6

  Lulus