Minggu, 16 Maret 2014 - 10:42:01 WIB
Latih Satpam Mengenal Uang Palsu
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Propinsi - Dibaca: 4926 kali

PALANGKA RAYA - Untuk menjalin kemitraan  jajaran Polsek Pahandut apel bersama dengan para satpam yang bertugas di Bank Indonesia Perwakilan Kalteng.
Selain bentuk jalinan kemitraan, menurut Kapolsek Pahandut, Kompol Pratomo Widodo, SIK melalui Kanit Binmas, Ipda Badriyah, tujuan apel bersama dalam rangka pembinaan rutin satpam antara lain, menjalin kemitraan antara Polri (Polsek Pahandut) dengan masyarakat,  khususnya dengan Bank Indonesia dan  satpam di wiayah hukum Polsek Pahandut.
 
“Kemudian melakukan pembinaan rutin terhadap Satpam yg melaksanakan pengamana fisik dalam rangka menyelenggarakan keamanan swakarsa di instansi atau lingkungan atau kawasan kerjanya,” katanya, Rabu (12/3).
Tujuan lain, sarana tukar menukar informasi sehingga apabila ada ancaman kriminal sekecil apapun,  dapat segera diketahui dan dilaporkan sebagai upaya untuk mencegah timbulnya gangguan  kamtibmas terutama menjelang Pemilu 2014.
 
Dalam kegiatan ini juga, melatih para satpam agar mengenal lebih akan uang palsu sehingga uang palsu yang beredar dalam bank dapat terdeteksi siapa pengedarnya yang dilatih oleh Bidang Keaslian Uang Rupiah BI,  Julian Nazarudin. 

Hadir dalam apel itu, Kapolsek Pahandut Kompol Pratomo Widodo SIK beserta jajarannya. Sedangkan  dari pihak Bank Indonesia, Deputi Kepala Perwakilan Bidang Ekonomi Moneter Dwi Tugas Waluyanto, Deputi Kepala Perwakilan Bidang Sistem Pembayaran Dan Manajemen Intern, Abas Sumarna. Sementara nara sumber sosialisasi bidang moneter Ridwan Zia, bidang keaslian uang rupiah Julian Nazarudindan bidang pengamanan Okta Bimaria, yang memberikan penjelasan sistim pengamanan BI adalah H.Anwar.