Kamis, 27 Agustus 2015 - 10:01:55 WIB
Palangka Raya Berupaya Sukseskan Program Pengendalian Penduduk
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 4267 kali

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah akan berupaya menyukseskan program pengendalian penduduk di tingkat kota pada 2015 daerah itu.

"Tujuan program tersebut untuk menyamakan persepsi tentang cara dan langkah-langkah pencegahan pertambahan penduduk," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Palangka Raya, Aratuni, Rabu.

Pihaknya berharap ke depan mampu menyukseskan program Kependudukan dan Keluarga Berencana di "Kota Cantik" Palangka Raya seperti yang sudah diamanatkan dalam Undang-Undang No.52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga.

Untuk menyukseskan progran tersebut diperlukan data mikro keluarga sebagai basis operasional dan peta kerja program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta program intervensi lainnya.

Dia mengatakan, untuk mendapatkan data mikro tersebut perlu diketahui pertumbuhan dan perkembangan penduduk Kota Palangka Raya dari tahun ke tahun.

Jumlah penduduk Kota Palangka Raya menurut data BPS tahun 2013 tercatat 244.500 jiwa dengan laju pertambahan 1,79 dan kepadatan penduduk 91,28 jiwa.

Sementara target laju pertambahan penduduk secara Nasional ditetapkan hanya 1,47 dan Total Fertility Rate (TFR) atau angka kelahiran total secara Nasional 2,6.

TFR Kota Palangka Raya masih 2,8.

Oleh sebab itu, pihaknya terus berupaya menyukseskan program itu dengan langkah-langkah pencegahan pertambahan penduduk khususnya di Kota Palangka Raya. Salah satunya melalui sosialisasi.

Selain itu, upaya peningkatan pembinaan peserta KB, baik menggunakan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) maupun Non-MKJP dengan memperhatikan efektivitas dan kelayakan medis hak reproduksinya sangat diperlukan dalam menekan laju pertambahan penduduk dan kepadatan penduduk di Kota Palangka Raya.

Upaya peningkatkan pemahaman remaja mengenai keluarga berencana dan kesehatan reproduksi dalam penyiapan kehidupan berkeluarga juga merupakan salah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menekan jumlah penduduk di masa mendatang.
Editor: Ronny

Sumber : antarakalteng.com