Kamis, 29 Oktober 2015 - 10:23:32 WIB
Palangka Raya Luncurkan Pembayaran BPHTB `Online`
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 2406 kali

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang setempat telah meluncurkan program pembayaran Bea Perolehan Hak Atas Tanah atau Bangunan (BPHTB) yang bisa diakses langsung masyarakat secara "online".

"Program ini bertujuan untuk memudahkan warga agar dapat membayar BPHTB dengan cara mudah cepat dan dapat dilakukan dimana saja khususnya melalui ATM atau transfer rekening," kata Wali Kota Palangka Raya, Riban Satia, Rabu.

Peluncuran program BPHTB itu dilaksanakan pada Selasa (27/10) lalu dengan dihadiri oleh jajaran Pemkot dan DPRD Kota Palangka Raya, beserta pihak Bank Rakyat Indonesia sebagai lembaga yang menerima pembayaran tersebut.

Wali kota Palangka Raya ke-11 itu mengatakan, kebijakan pembayaran BPHTB online itu diharapkan pemerintah daerah agar dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dalam rangka menunjang peningkatan pembangunan wajah perkotaan dan perdesaan.

"Ketika masih dilaksanakan secara manual, masalah dalam data pengelolaan pajak masih belum tertata dengan baik, sehingga menjadi persoalan. Semoga saja dengan sistem online ini PAD juga dapat meningkat dan tidak ada permasalahan lagi," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu menyampaikan BPHTB merupakan salah satu pajak daerah yang dipungut selama ini secara manual.

"Selain itu pengurusannya agak ribet, karena menyangkut legalitas dan persoalan tanah. Akibatnya pembayaran pajaknya terhambat," kata Hera.

Dikatakannya dengan adanya BPHTB "online" yang difasilitasi BRI dapat mengurangi permasalahan dalam pembayarannya. Program tersebut juga untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak.

Selanjutnya Hera meminta untuk melaporkan transaksi tanah pembangunan beserta namanya secara jelas dan tepat, karena diperlukan kejujuran dalam transaksi dalam pengalihan hak pembangunan.

"Untuk itu kita ada tim yang nantinya berfungsi sebagai kontrol apabila ada permasalahan," demikian Hera.
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2015

sumber : antarakalteng.com